Membangun bersama ilmu

usaha tangga kerjayaan

June 19, 2009

Filed under: Uncategorized — angah08 @ 8:35 am

EM4 Pacu Pertumbuhan Ikan Lele

Oleh : Agus Salam

Ikan lele merupakan ikan yang sangat mudah untuk dipelihara. Pakan pun sangat mudah didapat, bisa dari sisa-sisa nasi dan ampas tahu. Namun bila dipelihara sekitar 25 balong (1 balong 3000-4000 ekor) cukup merepotkan. Banyaknya pakan yang diberikan kepada ikan lele mengganggu pertumbuhan ikan. Bahkan ikan terinfeksi penyakit kudis atau borok.
Kalau tidak cepat ditangani, banyak ikan yang mati. Karena itu, Eddy Sofyan (45) seorang peternak ikan lele dari Desa Karang Lemah Abang Bekasi secara khusus mengundang tim PT Songgolangit Persada Cabang Jakarta untuk menangani dan memberi solusi terbaik dalam mengaplikasikan EM4.
Pada analisis awal, ikan lele milik Eddy mengalami keracunan air yang mengandung amoniak, CO2, H2S dan gas berbahaya lain sehingga harus diberikan EM4. Karena EM4 bisa mengatasi pencemaran air akibat akumulasi limbah organik. Teknologi ini memanfaatkan mikroorganisme yang berpengaruh positif, diinokulasikan dalam dasar balong. Untuk meningkatkan kualitas air balong, EM4 merubah proses pembusukan jadi proses fermentasi.
Keuntungan lain menggunakan teknologi EM4 yang dialami Eddy adalah, meningkatkan daya tahan,dan kesehatan ikan, memfermentasikan sisa pakan, kotoran yang terdapat di dasar balong, juga menguraikan gas amoniak, methan dan hidrogen sulfida yang dapat mengganggu kehidupan ikan. EM4 juga mampu meningkatkan oksigen terlarut (DO) sehingga air menjadi bersih dan tidak diperlukan penggantian berulang-ulang karena kualitas air tetap terjaga serta aman bagi lingkungan. Untuk mendongkrak produksi ikan lele, syaratnya air harus bagus dan terhindar dari pencemaran. Sementara mengatasi pencemaran air sendiri kuncinya hanya dengan teknologi EM4.
Kemerosotan kualitas air yang disebabkan limbah merupakan masalah utama yang sering dihadapi para peternak. Limbah-limbah tersebut akan menimbulkan gas-gas beracun yang menyebabkan terjangkitnya penyakit ikan karena mengalami stress. Limbah tersebut juga mengakibatkan produksi akan merosot dan menimbulkan kematian. Karena dengan sosialisasi dan aplikasi EM4, kini Eddy mantap memakai teknologi ini. ”Mudah-mudahan produksi kali ini lebih meningkat,”katanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s